...........Dirgahayu Indonesiaku ke 68 tanggal 17 Agustus 2013........

Sabtu, 19 Mei 2012

Bangkitkan Semangat Juang, Putar Film di Tugu Dwi Kora

Bangkitkan Semangat Juang, Putar Film di Tugu Dwi Kora
 
 
 
 

Selama dua hari sejak Jumat (18/5/2012) malam ini hingga Sabtu malam besok akan diputar film-film perjuangan, di Tugu Dwi Kora, Alun-Alun Kota Nunukan. Pemutaran film dimulai pukul 19.00 hingga pukul 24.00 setiap harinya. Hal ini dilaksanakan Tim Ekspedisi Khatulistiwa Sub Wilayah V Kabupaten Nunukan bekerjasama dengan LSM Pancasila Jiwaku dalam rangkaian Pekan Kebangkitan Nasional.

Ketua LSM Panjiku Mansyur Rincing mengatakan, film-film yang diputar itu mengisahkan perjuangan para pahlawan bangsa menghadapi penjajah dimasa silam. Tujuannya untuk mempertahankan jiwa nasionalisme warga Kabupaten Nunukan yang tinggal berbatasan langsung dengan Malaysia. Karena itu, ia mengajak agar warga Nunukan tak melewatkan kesempatan menghadiri nonton bareng dimaksud.

“Kita menghimbau masyarakat untuk nonton bareng. Karena film ini sangat mengetuk hati kita untuk kembali pada esensi Hari Kebangkitan Nasional, bahwa ini bukan hanya sekedar seremonial,” ujarnya.
Selama dua hari, ada 11 kaset yang disiapkan untuk diputar. Film-film ini disebutkan sangat bagus untuk ditonton karena juga memuat wawasan kebangsaan.

“Mulai dari jaman Bung Karno ada. Ini kita putar supaya masyarakat teringat perjuangan pahlawan kita. Apalagi pemutaran film ini sengaja kita laksanakan di Tugu Dwi Kora, untuk mengingat perjuangan saat konfrontasi Indonesia-Malaysia,” katanya.

Perwira Penerangan dan Sejarah  Tim Ekspedisi Khatulistiwa Sub Korwil V Nunukan Kapten Marinir Mardiono mengatakan, selain acara pemutaran film, dalam rangkaian Pekan Kebangkitan Nasional pada Minggu (20/5/2012) juga dilaksanakan donor darah di Tugu Dwi Kora.

Sementara puncak kegiatan akan berlangsung Senin (21/5/2012) dengan menggelar upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Alun-Alun Kota Nunukan. Upacara itu melibatkan Pemkab Nunukan, TNI-Polri, siswa maupun Pramuka, LSM, tokoh masyarakat maupun pemuda setempat. Dalam upacara itu akan diisi dengan pementasan teatrikal sekitar satu jam, melibatkan siswa siswi SMK 1 Nunukan.

Penulis : Niko Ruru
Editor : Reza Rasyid Umar
Sumber : Tribun Kaltim
 
Sumber : http://kaltim.tribunnews.com/2012/05/18/bangkitkan-semangat-juang-putar-film-di-tugu-dwi-kora
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar