...........Dirgahayu Indonesiaku ke 68 tanggal 17 Agustus 2013........

Minggu, 11 Agustus 2013

Sisi Lain Dibalik Dwikora “Ganyang Malaysia” Soekarno 1964

Sisi Lain Dibalik Dwikora “Ganyang Malaysia” Soekarno 1964

Melihat perkembangan konflik RI – Malaysia akhir-akhir ini membuat saya (penulis) ingin membuat tulisan yang alhamdulillah pada akhirnya dapat saya sharing dengan teman pembaca lainnya. Tulisan ini saya buat bukan untuk provokasi, tapi lebih untuk mencoba kembali melihat masa lalu negeri ini sebagai cerminan kita untuk menjalani kehidupan hari ini dan merencanakan kehidupan dimasa yang akan datang…. Ok….
Langsung aja dech….

Pernahkah anda mendengar istilah “Dwikora”?? Dwikora adalah akronim dari Dwi Komando Rakyat. Dwikora merupakan slogan yang diungkapkan presiden Soekarno pada tanggal 3 Mei 1964 dalam rangka mengganyang Malaysia. 

Berikut adalah isi Dwi Komando Rakyat:
1. Perhebat ketahanan revolusi Indonesia
2. Bantu perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Sarawak dan Sabah, untuk menghancurkan Malaysia

Aksi tersebut dilakukan Soekarno karena Malaysia dianggap sudah tidak menghormati Indonesia melalui aksi demonstrasi anti Indonesia pada tanggal 17 September 1963 di Kuala Lumpur dengan cara menyerbu gedung KBRI, merobek-robek foto Soekarno, membawa lambang Negara Garuda Pancasila ke hadapan Tuanku Abdul Rahman Perdana Menteri Malaysia saat itu dan memaksanya untuk menginjak Garuda. Sejak saat itulah kemarahan Soekarno atas Malaysia mencapai puncaknya yang pada akhirnya memunculkan komando Dwikora.

Sebenarnya awal konflik Indonesia – Malaysia ini diawali oleh peristiwa klaim federasi Malaysia atas wilayah Brunei, Sabah, Serawak dan Singapura yang akan digabung menjadi persekutuan tanah Melayu (tahun 1961). Peristiwa ini membuat presiden Soekarno dan beberapa negara lain kecewa. Soekarno menganggap pembentukan Federasi Malaysia ini sebagai proyek Nekolim (Neo-Kolonialisme dan Imperialisme) baru di kawasan Asia Tenggara yang dipimpin Inggris serta tidak sesuai dengan perjanjian Manila (Manila Accord).

Pasca demonstrasi anti-Indonesia di Kuala Lumpur, pada tanggal 20 januari 1963 Indonesia melalui Mentri Luar Negeri Soebandrio menyatakan sikap bermusuhan terhadap Malaysia. sejak saat itulah kemudian muncul istilah “Ganyang Malaysia” dan “Dwikora” yang disebut oleh Soekarno sebagai upaya menjaga martabat Negara Republik Indonesia.
Ternyata selain Indonesia ada tiga Negara lain yang kecewa dan mengecam perbuatan Malaysia pada tahun yang sama. Negara-negara tersebut adalah :
1
. 1. Brunei
Sejak aksi klaim wilayah oleh Malaysia, di Brunei, Tentara Nasional Kalimantan Utara (TNKU) memberontak pada 8 Desember 1962. Mereka mencoba menangkap Sultan Brunei yang dianggap telah bekerjasama dengan Inggris, menguasai ladang minyak dan menyandera orang Eropa. Sultan lolos dan meminta pertolongan Inggris. Dia menerima pasukan Inggris dan Gurkha dari Singapura. Pada 16 Desember, Komando Timur Jauh Inggris (British Far Eastern Command) mengklaim bahwa seluruh pusat pemberontakan utama telah diatasi, dan pada 17 April 1963, pemimpin pemberontakan ditangkap dan pemberontakan berakhir.
1
. 2. Filipina
Filipina memiliki hubungan sejarah dengan kesultanan Sulu di daerah Sabah dan menganggapnya sebagai bagian dari wilayahnya. Dan ketika Malaysia melakukan aksi klaim wilayah, Filipina menyatakan kekecewaannya dan secara tegas menolak federasi Malaysia dan mengutuk tindakan tersebut. Meskipun tidak turut serta dalam perang, namun Filipina berani memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia sebelum Malaysia meresmikan Negara federasinya (16 September 1963)
2
. 3. Singapura
Sebenarnya Negara ini yang paling tidak tegas terkait aksi klaim Malaysia di tahun 1961 tersebut. Tapi pada akhir peresmian pembentukan negara federasi Malaysia (16 September 1963) Singapura menyatakan sikap ketidaksetujuannya dan keluar dari anggota Negara federasi.

Nah, seperti itulah catatan yang bisa saya bagi kepada teman – teman pembaca, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua bangsa Indonesia. Sampai berjumpa di tulisan – tulisan SLS (Sisi Lain Sejarah) berikutnya…. Merdekaaaa……!!!!!

Sumber terkait:
§    Mustopo, Habib. 2010. Sejarah SMA Kelas XII Program IPS. Jakarta : Yudhistira
http://id.wikipedia.org/wiki/Konfrontasi_Indonesia-Malaysia

Sumber : http://politik.kompasiana.com/2010/12/30/sisi-lain-dibalik-dwikora-ganyang-malaysia-soekarno-1964-328822.html
 


1 komentar:

  1. JIKA ANDA BUTUH ANGKA GHOIB/JITU 2D.3D.4D YG DI JAMIN TEMBUS 100% DI PUTARANG SGP/HKG SILAHKAN SAJA ANDA TLP KY JAYA DI NOMOR 085-342-064-735 TRIMAH KASIH

    BalasHapus